Friday, July 23, 2010

Duren …oh …Duren…

Entah kenapa dari kecil aku amat sangat alergi alias tidak suka sama salah satu jenis buah-buahan yanya punya nama duren. Iya, Duren…alias durian …buah dengan kulit super-berduri berwarna kuning klo udah mateng, n baunya…walaupun udah beberapa kilometer jauhnya masih kecium itu. Salah satu jenis buah yg banyak diminati n digilai banyak orang!
Dari kecil, hidungku ini punya radar supersonik (cieee) yg bisa mendeteksi paling cepat klo ada bau buah ini. Reaksi selanjutnya adalah pusing-pusing, ada rasa mual di perut, n pengen pyukkk alias muntah! So guna mengatasinya aku segera menyingkir sejauh mungkin, bila ada bau buah yg sangat menyengat ini. Tutup hidung n kaburrrr….!!! Hehehe. Sering juga diejek gara-gara nggak doyan duren, sering dibilang “dasar nggak bakat jadi orang kaya” (lhooo apa hubungannya yah? apa gara-gara duren harganya mahal?), “Kok bisa, padahal buah selezat ini, nggak doyan??” Dan ujung2nya aku menyingkir klo ada yg makan, tp tetep ajah mereka-mereka yg habis menyantap buah itu (hiiiii) langsung pamer napas bau duren ke aku (matiii gwa).
Padahal akhir-akhir ni kan lagi musimnya ni buah, dimana-mana aku liat pd jual duren, di pasar, di jalan, bahkan ibu-ibu keliling menggendong sebakul buah duren, wuaaaa!!!
Pernah ada kejadian, aku naik angkot (angkutan umum) yg lewat deket rumah, ceritanya ada janji ketemuan ma my dear old n close friend , Shien, so naek angkot yg pertama lewat. Wadouh, baru masuk, aroma yg paling kuhindari tersebut segera menyeruak hidungku yg sangat peka ini, mo turun, udah terlanjur pintu ditutup n mobil jalan, liat kanan-kiri aku ternyata dapat tempat duduk menghadap ke belakang (posisi di kendaraan, di mobil yg aku benci, karena bikin pusing juga). Dan ternyata ada ibu-ibu yg bawa duren, mungkin mo dijual ke pasar. So kutahan-tahan deh aroma buah tersebut dengan tidak bernapas, n mencoba mencari udara segar dengan menjulurkan kepala ke jendela mobil. Apesnya lagi, pak sopir angkot tu kayake nggak suka balapan, alias nyetir mobilnya dengan acara santai bombay, kayak berpesiar di taman safari, slow abissss. Sabar-sabar….Untungnya si ibu penjual duren tadi turun duluan, tp tetap aja aroma buah tersebut nggak ilang2, siall…
So, jadi deh nyampe n turun dengan agak sempoyongan, karena pening. Tapi agak gembira karena telah terbebas dari aroma buah duren, mencoba menghirup udara di sekitar, yah … walaupun digantikan dengan aroma kuda (ternyata aku turun di dekat andong hehehe), solar, bensin, keringat orang-orang, bau orang jualan molen, dll. Nggak pa pa lah, asalkan nggak bau duren!!!

Bookmark and Share

No comments:

Post a Comment